Agar Kulit Sehat Bebas Jerawat


"Obat jerawat bukanlah sulap. Jadi butuh waktu untuk proses penyembuhannya," ungkap dr Gloria.
JAKARTA- Setiap orang mendambakan wajah yang bersih dan bebas jerawat. "Namun, kondisi lingkungan, genetik, stres, dan cara merawat kebersihan kulit tiap orang yang berbeda-beda membuat kemungkinan mereka terserang jerawat juga berbeda-beda," ungkap dr Gloria Novelita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari klinik BeYouTiful, saat peluncuran NexCare Acne Cover di Lunch Room, ANZ Building, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2013) lalu.

Untuk mendapatkan kulit yang bebas dari jerawat, simak beberapa tip dari Gloria:

1. Bersihkan wajah
Anda pasti sudah tahu kalau sisa make-up yang menempel di wajah bisa membuat wajah jadi berjerawat. Maka, usahakan untuk selalu membersihkan wajah setiap bangun tidur, setelah beraktivitas, dan sebelum tidur. Bersihkan wajah dengan pembersih yang lembut, ringan, dan tidak mengandung bahan kimia, yang bisa membuat kulit jadi iritasi.

2. Hindari kondisi yang bisa memicu jerawat
Beberapa kondisi yang memicu timbulnya jerawat ini antara lain trauma pada kulit (gosokan keras berulang seperti scrub, stres, kosmetik, kurang tidur, rokok, udara lembab, dan cuaca yang terlalu panas.

3. Hindari manipulasi jerawat
Bila sudah timbul jerawat, hindari terjadinya manipulasi jerawat. Maksudnya, melakukan hal-hal yang malah memperparah kondisi jerawat. Misalnya, malas membersihkan wajah, atau memencet jerawat.

4. Gunakan produk pembasmi jerawat
Jika sudah terlanjur berjerawat, tak salah jika Anda ingin mencoba menghilangkannya menggunakan obat jerawat. Perhatikan dengan baik cara memakainya agar jerawat tak bertambah parah. Namun, jangan beranggapan bahwa setelah memakai obat ini, jerawat bisa langsung hilang tanpa bekas.

"Obat bukan sulap. Maka obat juga butuh waktu untuk bekerja dan mengobati jerawat dari dalam dan menghilangkannya tanpa bekas," jelasnya.

5. Ke dokter kulit
Bila kondisi wajah berjerawat tak kunjung membaik setelah melakukan tindakan pencegahan dan menggunakan obat jerawat, segera berkonsultasi ke dokter kulit. Batas maksimal untuk mencoba sebuah cara pengobatan jerawat sebelum konsultasi ke dokter adalah 1-2 bulan.

0 komentar:

Poskan Komentar